Laman

Selasa, 01 September 2015

Universitas Muhammadiyah Malang






Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi "A" yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia bersama UII dan UMY. Oleh karena itu didominasi warna dinding putih, UMM juga disebut sebagai kampus putih dan almamater berwarna merah. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang tidak hanya berasal dari daerah Jawa Timur melainkan dari luar kota bahkan dari mancanegara. Di Universtas Muuhammadiyah Malang ini tidak hanya diajarkan tentang ilmu pengetahuan tetapi juga diajarkan tentang agama agar menjadi mahasiswa taat kepada ajaran islam.


Universitas Muhammadiyah Malang termasuk merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-program yang didisain dengan cermat menjadikan Universitas Muhammadiyah Malang  sebagai "The Real University", yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pada saat ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk program Pasca Sarjana. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama , sekarang di konsentrasikan sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas. Dan UMM mempunyai 10 fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Kesehatan.



Adapun macam-macam fasilitas yang mendukung di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu:
1.      RUANG KELAS
Setiap program studi sudah diberi data ruang kelas sesuai dengan jumlah mahasiswa dan ada beberapa jenis ruang kuliah yaitu: ruang kelas biasa, ruang kelas multimedia maupu ruang kelas multimedia yang eksklusif. Beberapa ruang kelas multimedia sudah terkoneksi dengan internet baik melalui kabel maupun akses hotspot. Untuk menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang baik dilakukan kegiatan monitoring melalui pemasangan CCTV di setiap ruang kelas.
2.      PERPUSTAKAAN
Universitas Muhammadiyah Malang memiliki empat perpustakaan besar. Perpustakaan Pusat terletak dikampus III. Perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai. Perpustakan Masjid AR Fachruddin terletak di Masjid AR Fachruddin Kampus (Kampus III). Pepustakaan Kampus II terletak di Kampus II Jl. Bendungan Sutami 188. Perpustakaan Pascasarjana terletak di Kampus I Jl. Bandung No. 1.


3.      RUANG KOMPUTER DAN TIK
Untuk menunjang system pembelajaran modern, UMM menyediakan fasilitas komputer dan layanan ICT bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan Sitem Koneksi yang tersedia adalah internet, intranet, dan hotspot.
                Di kampus UMM juga terdapat sarana rekreatif yaitu stadion, UMM dome, rusunawa lapangan basket, lapangan volley, lapangan bulu tangkis, panjat tebing, tenis meja, dan kolam kano. UMM juga mempunyai usaha mandiri seperti Taman Rekreasi Sengkaling, Pom Bensin, Rumah Sakit UMM, UMM Inn.



UMM Dome


Masjid AR Fachrudin


Rumah Sakit UMM


Berkat perjuangan yang tidak mengenal berhenti ini, maka kini Universitas Muhammadiyah Malang sudah menjelma ke arah perguruan tinggi alternatif. Hal ini sudah diakui pula oleh Koordinator Kopertis Wilayah VII yang pada pidato resminya pada wisuda sarjana Universitas Muhammadiyah Malang tanggal 11 Juli 1992, mengemukakan bahwa UMM tergolong perguruan tinggi yang besar dan berprospek untuk menjadi perguruan tinggi masa depan.

Dengan kondisi yang terus ditingkatkan, kini Universitas Muhammadiyah Malang dengan bangga tetapi rendah hati siap menyongsong masa depan, untuk ikut serta dalam tugas bersama "mencerdaskan kehidupan bangsa" dan "membangun manusia Indonesia seutuhnya" dalam menuju menjadi bangsa Indonesia yang bermartabat dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar